Wisata Karang Kenek 26 Desa Olean Kabupaten Situbondo

Lokasi wisata Karang Kenek 26 berada di Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo. Angka 26 disematkan pada wisata tersebut karena pada dusun Karang Kenek memiliki keunikan 26 kepala keluarga. Hal tersebut tidak lepas dari mitos atau hal mistis yang ada di dusun tersebut.

Sangat mudah untuk menuju lokasi ini karena wisata Karang Kenek 26 sudah tersedia di google maps. Dari Alun-Alun Situbondo jaraknya 6,5 km. Untuk menuju kesana, kita ambil arah utara menuju jalan Sucipto.

Lebih jelasnya bisa lihat petanya berikut ini:


 

Setelah sampai di Kawasan Desa Olean, Anda akan disajikan pemandangan sawah yang membentang. Disertai dengan semilir angin yang sejuk. Ya lokasi wisata ini berada di tengah persawahan.

Memasuki wisata disugihi dengan Gapura wisata yang terbuat dari bambu. Bentuknya pun unik. Masuk melewati jalan aspal seperti gank. Saya rasa tempatnya sudah dekat namun masih sekitar 1 km. Setelah memasuki area persawahan terlihat tempat wisatanya. Persis di tengah persawahan. Terasa angina sepoi-sepoi menerpa kami yang memakai kendaraan sepeda motor.

Tiket masuk wisata Karang Kenek 26

Untuk masuk wisata ini, Anda dikenakan biaya Rp5000 per orang. Anak yang berusia di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya masuk. Biaya parkir motor Rp2000. Kertas tiket wisata ini bisa dibilang keren… desain dan kertasnya dari percetakan.

harga tiket masuk karang kenek

Apa saja yang ada di wisata Karang Kenek 26?

  1. Tanaman bunga

Di tempat wisata ini banyak ditanami tanaman bunga. Hampir di semua spot ada tanaman bunga dan memang bunga-bunga yang ada di wisata ini menjadi ikon. Tanaman bunga tersebut ditanam mengikuti pola seperti Love dan sebagainya.  Pokoknya instagramable banget.

  1. Rumah bambu

Selain tanaman bunga, ikon lain pada wisata Karang Kenek adalah rumah bambu. Atap dari rumah bambu juga dari ilalang. Kalau kita berkunjung kesini bisa terbawa suasana jaman dulu. Banyak spot rumah bambu untuk berswafoto.

  1. Jembatan bambu

Hal yang unik di wisata ini juga ada jembatan bambu. Kalau kita naik, kita bisa melihat pemandangan di sekitar wisata. Tampak membentang area persawahan. Di sebelah selatan wisata ada pemandangan pegunungan yang sangat memukau mata. Pada jembatan bambu terdapat empat menara yang menjulang tinggi. Sebelah timur ada warung makanan dan sebelah barat ada sekretariat wisata. Bagi yang membawa anak kecil harus dalam pengawasan. Karena tempatnya tinggi, kurang lebih sampai tiga meter.

View this post on Instagram

kK-26 #warung bambu# #karangkenek#

A post shared by Santi Khairi Uce (@santikhairi) on

  1. Naik kuda

Di tempat ini ada dua ekor kuda yang siap mengelilingi wisata ini. Satu kali putaran mengelilingi wisata dikenakan tarif Rp10.000. Kita juga bisa foto-foto sambil naik kuda dengan background pemandangan bunga-bunga.

  1. Kolam renang

Ada kolam renang dengan ukuran yang cukup luas, namun hanya digunakan untuk anak kecil saja. Kolam renang di tempat wisata Karang Kenek paling dalam 1 meter. Ada wahana perosotan dan hujan-hujanan. Bisa dibilang lumayan komplet di tempat wisata ini. Bagi yang ikut renang dikenai tarif Rp5000 sebagai donasi pengembangan tempat wisata.

kolam renang karang kenek situbondo

  1. Tempat pertemuan

Di sebelah selatan wisata Karang Kenek ada tempat pertemuan yang luas. Bangunannya didominasi oleh bambu dengan desain terbuka. Tempat ini beberapa kali dijadikan acara kedinasan.

View this post on Instagram

•Dusun Karang Kenek, Desa Olean Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo Jawa Timur memiliki cerita yang menarik untuk didengarkan. •Diyakini dusun ini terkutuk untuk menjadi sepi atau memiliki populasi penduduk sedikit. Hingga saat ini, hanya ditempati oleh 26 kepala keluarga saja. Jumlah tersebut tidak mengalami penambahan atau pengurangan selama 26 tahun. •Penambahan anggota kepala keluarga di dusun ini sebenarnya pernah terjadi, akan tetapi hal tersebut tidak akan bertahan lama. Mereka yang memutuskan pindah ke Dusun Karang Kenek biasanya diwartakan akan meninggal dunia atau tidak nyaman sehingga jumlah penduduk di sini tidak jadi bertambah. •Dusun ini seolah-olah terlihat seperti tidak menginginkan adanya penduduk baru untuk tinggal menetap. Dusun ini sendiri diketahui memiliki daerah yang cukup indah dan permai. Karang Kenek terletak di tengah sawah dan bukit dengan luas 2 hektar. Oleh sebab itu, pemukiman penduduk di sini tampak tidak begitu ramai dan terasa sepi. •Dusun Karang Kenek ini adalah potensi bagi Desa Olean sendiri, masyarakat dan Pemerintah Desa berinovasi mensulap Dusun Karang Kenek menjadi Wisata Misteri. •Selain dari inisiatif masyarakat dan Pemerintah Desa, saat ini Kabupaten Situbondo masuk dalam tahunnya Kunjungan Wisata karena mengingat banyak wisata yang ada di Kabupaten Situbondo salah satunya adalah Wisata Misteri Dusun Karang Kenek. •Wisata ini dikelola oleh Pemerintah Desa bersama Kelompok Masyarakat Sadar Wisata secara swadaya dan dibantu dengan Dana Desa. •Dengan adanya dana desa, sangat terasa bagi masyarakat desa. Salah satunya bermanfaat untuk membangun sebuah wisata seperti Wisata Misteri Karang Kenek ini. Dari wisata ini, masyarakat mendapatkan penghasilan. •Mungkin wisata seperti ini hanya ada di Desa Olean se Kabupaten Situbondo bahkan se Jawa Timur. #74tahunDesaku #SobatDesa #Olean #Karangkenek #Situbondo

A post shared by Anwar Sunni (@lekwang_) on

itu dia ruang pertemuannya

  1. Makanan tradisional

Warung yang ada di tempat wisata ini menyajikan makanan tradisional seperti pecel, rujak, gorengan, dan lainnya. Saya lupa menyebutkan namanya hahaha..

One Response for Wisata Karang Kenek 26 Desa Olean Kabupaten Situbondo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *